💚ETIKA BISNIS ALA RASULULLAH 💚

Berbisnis merupakan hal yang sudah lumrah terdengar di Indonesia maupun di Dunia. Dalam lingkup Bisnis, biasanya terdapat etika berbisnis.

Menelusuri asal usul etika tak lepas dari asli kata ethos dalam bahasa Yunani yang berarti kebiasaan atau karakter. Kutipan dalam buku Kuliah Etika mendefinisikan etika secara termonologis sebagai berikut "bahwa etika merupakan studi sistematis tentang tabiat konsep nilai, baik, buruk, harus benar, salah dan lain sebagainya. Dan prinsip-prinsip umum yang membenarkan kita untuk mengaplikasikannya atas apa saja"

Menurut sumber -sumber literatur mengatakan bahwa etika bisnis didasari oleh ajaran-ajaran agama. Adapun agama Islam banyak sumber literatur yang tersedia dan kode hukum yang mengatur masalah harta dan kekayaan yang merujuk pada kitab suci Al-Qur'an dan diterjemahkan dalam bentuk hadits-hadits Rosulullah SAW. Dimana salah satu hadits Rasulullah yang menjelaskan tentang Etika bisnis : "Wahai Rasulullah, mata pencaharian (kasb) apakah yang paling baik?" Beliau bersabda, "Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi)." (HR. Ahmad 4: 141, hasan lighoirihi)

Berkaca dari Zaman Rasullullah, Nabi muhammad sangat banyak memberikan petunjuk mengenai etika bisnis diantaranya :
1. Jujur dalam menjelaskan Produk
2. Suka sama Suka
3. Tidak menipu ukuran, takaran maupun timbangan
4. Bersih dari Riba'
5. Tidak menimbun harta dan tidak melakukan Monopoli
6. Mengutamakan kepuasan pelanggan
7. teguh menjaga amanah dan toleran dalam berbisnis.
8. Menepati janji dan murah hati.
9. Tidak melupakaan akhirat, Bisnis tidak boleh menganggu kegiatan ibadah kepada Allah.

Dari petunjuk diatas, Etika bisnis dalam islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW merupakaan hal yang paling penting dalam perjalan sebuah aktifitas bisnis profesional. Dalam hal ini etika bisnis mempunyai beberapa tujuan umum untuk membangun kode etik islami yang mengatur, mengembangkan dan menancapkan metode berbisnis dalam kerangka ajaran islam.

Semoga manfaat dan berkah, Barakallah ilmunya ustadz @haryo.mojopahit

Etika Bisnis Islam
Rabu, 13 februari 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Singkat Visi Misi dan Value PT. Pertamina Persero

Tanya Jawa Kuis Etika Bisnis Syariah