Makalah Singkat Visi Misi dan Value PT. Pertamina Persero

 Pendahuluan
Setalah memasuki abad ke-20, teknologi dan transportasi semakin bertranformasi. Semakin banyak jenis, merk, model dan keunggulan dalam produk itu tersendiri. Meskipun demikian, kebanyakan transportasi di Indonesia sebagian besar memakai bahan bakar minyak bumi atau biasa disebut bensin. Berbagai jenis dari premium, pertalite sampai dextalite. Salah satu perusahaan bahan bakar terbesar di Indonesia adalah PT. Pertamina Persero. Produk Pertamina meliputi Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru.

Pembahasan


VISI:

Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia

MISI:

Menjalankan Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru dan Terbarukan Secara Terintegrasi, Berdasarkan Prinsip-Prinsip Komersial Yang Kuat

Tata Nilai Unggulaan 6C:

Pertamina memiliki tata nilai sebagai komitmen perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya berdasarkan standar global dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Nilai-nilai Pertamina disebut dengan 6C, terdiri dari Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable, dan nilai-nilai ini wajib diketahui dan menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam beraktivitas. Pertamina menetapkan enam tata nilai perusahaan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Penerapan tata nilai 6C didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) No.Kpts-022/ COOOOO/2013-S0 Tentang Penerapan Tata Nilai 6C 01 Pertamina dan Anak Perusahaan (Operational Holding).

CLEAN
Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asasasas tata kelola korporasi yang baik.

CONFIDENT
Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan membangun kebanggaan bangsa.

COMMERCIAL
Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

COMPETITIVE
Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.

CUSTOMER FOCUS
Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

CAPABLE
Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.


Kesimpulan
PT. Pertamina Memiliki Visi Misi yang bertujuan Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia di bidang Minyak, Gas serta Energi Baru. Pertamina memiliki tata nilai sebagai komitmen perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya berdasarkan standar global dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Nilai-nilai Pertamina disebut dengan 6C, terdiri dari Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable, dan nilai-nilai ini wajib diketahui dan menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam beraktivitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawa Kuis Etika Bisnis Syariah